Aku Ingin Menjadi Sarjana

Diposting oleh Ank Seudara on Selasa, 04 Juni 2013

Sebagai anak tertua, tentu saja saya ingin menjadi sarjana. Paling tidak, berharap nanti bisa dijadikan teladan oleh adik-adik saya.

Setahu saya, Sarjana adalah gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan sarjana strata satu. Biasanya, dibutuhkan waktu antara empat hingga tujuh tahun untuk menyelesaikan program pendidikan. Namun ada juga yang megeli, menyelesaikan pendidikan S-1 hanya secepat Jepang singgah di negeri ini.

Bahagianya Menjadi sarjana

Melihat satu persatu orang-orang di sekitar saya mentas dan menjadi sarjana, saya tersenyum. Bahagianya mereka, seolah menggenggam kemerdekaan setelah sekian tahun terkungkung di ruang gelap yang pengap.

Di sisi lain, saya tidak suka seremonial. Saya beberapa kali inguk-inguk di Gedung Soetardjo saat ada acara wisuda. Dalam hati saya berpikir, ngapain aja mereka? Lucu, sekian tahun berproses hanya berujung pada toga dan papan tekaek.

Aih.. Mungkin saya saja yang sirik, soalnya ndak lulus-lulus. Terlepas dari semua itu, yang terpenting adalah mengamalkan apa yang sudah kita dapatkan selama berproses di sebuah perguruan tinggi. Jika benar mahasiswa adalah agen perubahan, maka kita harus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, untuk kebahagiaan umat.

Aduh, acaca apa saya ini.

Bagi Anda yang pernah merasakan sebagai Mahasiswa di ujung tanduk, pastilah mengerti benar akan arti kalimat berikut ini. "Pulang Malu Tak Pulang Rindu."

1 komentar :