Boikot

Diposting oleh Ank Seudara on Kamis, 20 Juni 2013


Gambar dari google, dengan keyword; boikot tambang emas

Menurut KBBI, definisi dari BOIKOT adalah, bersama-sama menolak untuk bekerja sama (berurusan dagang, berbicara, ikut serta, dsb).

Menurut sejarah, kata boikot diambil dari nama seorang kapten asal Inggris, Charles Cunningham Boycott. Untuk mengerti lebih banyak bagaimanakah sepak terjangnya, cukup menelusurinya di mesin pencari, dengan kata kunci Captain Boycott.

Kapten Boycott meninggal dunia pada 19 June 1897. Tak lama setelah itu, di awal abad 20, untuk pertama kalinya bumi Hindia mengenal kata 'BOIKOT' secara kolektif lewat gerakan masyarakat Samin yang menolak segala budaya kolonial dan segala kapitalisme di masanya.

Inti dari konsep penolakan masyarakat SAMIN mengerucut pada satu hal. Bahwa mereka ingin hidup seperti yang diinginkan, melawan dengan tanpa kekerasan, dan berdiri di atas tanah nenek moyangnya sendiri. Tanpa harus membayar pajak kolonial, kerja paksa, dan segalanya yang berbau penjajahan.

Kawan, itu hanya sekedar wacana kecil tentang sebuah kata bernama BOIKOT. Saya yakin anda lebih paham. Tulisan ini tidak ada maksud lain kecuali hanya sekedar menyegarkan kembali ingatan kita tentang boikot.

Sumber: CLBK

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar